Tangkapan layar video kedua siswa yang viral jago dansa.

Mengenal DanceSport, Cabang Olahraga Yang Digeluti Siswa SMPN 1 Ciawi

Fahmi Azharuddiya Syamsi - Sabtu, 21 January 2023 21:03:55 WIB

Media Pelajar – Pelajar, pernahkah kalian mendengar cabang olahraga yang satu ini? Yaps, DanceSport. Akhir-akhir ini cabang olahraga DanceSport, tengah ramai menjadi pembahasan kalangan umum, pasalnya video mereka yang tengah berdansa di tengah Lapangan sekolah itu viral di jagat maya dan menuai berbagai pendapat.

 

Banyak dari mereka yang mendukung kedua pelajar tersebut, mereka memberikan dukungan positif melalui media sosial seperti Instagram dan Twitter, akan tetapi dibalik banyaknya dukungan ada beberapa orang yang malah menyayangkan hal tersebut, hingga pada suatu waktu muncul pesan berantai di WhatsApp yang mengatakan bahwa SMPN 1 Ciawi memasukan kurikulum dansa dalam materi pembelajarannya, dan disebut sebagai generasi rusak bangsa.
 

Berita hoaks ini langsung diklarifikasi oleh pihak SMP Negeri 1 Ciawi Kabupaten Bogor, dilansir dari Instagram nya, mereka mengatakan bahwa di sekolah tidak ada ekskul ataupun memasukan DanceSport ke dalam kurikulum pembelajaran sekolah.

 

Perlu diketahui bahwa, kedua pelajar yang berada dalam video tersebut merupakan atlet cabang olahraga DanceSport, dan pemenang medali emas PORPROV Jawa barat 2022, yang  dilatih oleh pelatih profesional.

 

Kira-kira apa itu cabang olahraga DanceSport? Dan bagaimana eksistensinya di Indonesia? Kebanyakan masyarakat Indonesia masih awam dan belum akrab dengan cabang olahraga yang satu ini, banyak yang masih menganggap hal ini sebagai sesuatu yang baru, hingga pada saat video kedua pelajar tersebut viral, ada masyarakat yang malah menyebarkan berita palsu mengenai kegiatan ini.

 

DanceSport ini dinaungi oleh Ikatan Olahraga Dansa Indonesia (IODI), yang juga merupakan anggota resmi dari Federasi DanceSport dunia, dan terdaftar menjadi anggota tetap sejak 27 September 2010. IODI juga memperlombakan bagi atlet-atlet difabel, dimana mereka mengikuti DanceSport dengan menggunakan kursi roda, IODI pernah mengirimkan 3 atletnya ke Kejuaraan Dunia World DanceSport Federation atau WDSF World Breaking Championship 2021 di Paris pada Sabtu (4/9/2021). 

 

Dilansir dari situs DanceSport Australia, DanceSport atau dalam bahasa Indonesia disebut sebagai olahraga dansa adalah nama yang diberikan untuk kompetisi tarian ballroom dari Amerika Latin. 

 

Aktivitas ini memadukan dua unsur yaitu olahraga dan seni, oleh karena itu para atlet dari cabang olahraga DanceSport bebas mengekspresikan diri mereka dengan menunjukkan ketangkasan dan kebugaran tubuh lewat tarian. 


Dance sport dapat dilakukan tanpa keterampilan atau peralatan khusus. Dan orang-orang dari segala usia, jenis kelamin, dan budaya dapat ikut berpartisipasi dalam cabang olahraga ini. Olahraga ini juga menekankan partisipasi kelompok, mengembangkan interaksi sosial, dan membangun hubungan komunitas.

 

Sejarah Dunia DanceSport

Dikutip dari situs Federasi DanceSport Dunia, tarian ini berubah menjadi kompetisi olahraga di awal abad ke-20. Saat itu, pengusaha Prancis Camille de Rhynal dan sekelompok penari hebat mengubah ballroom jadi tempat kontes dansa. Mereka memunculkan persaingan dansa di antara para sosialita. Minat akan dansa ballroom semakin menumbuhkan kejuaraan tarian di negara Barat.
 

Turnamen Tango untuk pertama kali membuka pendaftaran partisipan internasional di kompetisi yang berlangsung di Nice, Prancis pada 1907. Kompetisi dansa tingkat internasional baru benar-benar diadakan di Bad Nauheim, Jerman, pada 1936. Pasangan penari dari lima belas negara dan tiga benua terlibat di sini. Sayangnya, Perang Dunia II menghentikan kejuaraan dansa di dunia. Barulah pada 1980-an, Federasi DanceSport Dunia menciptakan istilah "DanceSport" untuk menyebut olahraga dansa itu.


 

Tentang Media Pelajar

Media pelajar merupakan salah satu manajemen dibawah Forum OSIS Jawa Barat yang menjadi wadah untuk mengedukasi para pelajar mengenai pengetahuan dan informasi terkini terhadap para pembaca sesuai dengan fakta yang didapatkan dengan mengangkat isu atau berita terkini secara kritis sesuai fakta yang ada baik dari tingkat sekolah bahkan tingkat nasional.

Media Contact

Fitrah Moehadjir

Penanggung Jawab Media Pelajar

Email        : forumosisjabar.id@gmail.com

Phone       : 082114779212 


 

Jurnalis

Fahmi Azharuddiya Syamsi

Editor

Rafli Al Mutaaly

Desainer

Designed by Mateha Production